Ketahui Daftar Game Edukasi Anak-Anak untuk PC

0 Comments
Ketahui Daftar Game Edukasi Anak-Anak untuk PC

Game kerap dikaitkan dengan konotasi negatif. Contohnya, kecanduan game membuat anak-anak menjadi malas, tidak mau belajar, dan hanya bermain game seharian penuh. Padahal, zaman sekarang banyak sekali berbagai jenis game edukasi. Apakah game untuk edukasi itu? Game jenis ini bertujuan untuk mengajak anak belajar melalui sarana game. Dengan begitu, kegiatan belajar akan terasa menyenangkan. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak perusahaan yang mengeluarkan jenis game ini. Tidak hanya itu, sekarang game ini sudah tersedia di berbagai perangkat seperti Android, iOs, bahkan PC. Jika anda tidak berencan meminjamkan ponsel anda sebagai sarana bermain game untuk edukasi, mungkin anda bisa melakukannya di PC. Berikut ini adalah beberapa game untuk edukasi di PC yang patut anda coba.

Game Edukasi untuk Melatih Kecepatan

Ketahui Daftar Game Edukasi Anak-Anak untuk PC

Ada berbagai macam game untuk edukasi, mulai dari untuk melatih hitung-hitungan, kreativitas, hingga kecepatan. Berikut ini adalah rekomendasi game untuk melatih kecepatan dan ketanggapan anak anda.

  • Babysitting Mania

Tokoh yang diperankan pada game ini bernama Stacy, gadis usia remaja yang bekerja freelance sebagai pengurus anak. Ternyata, pekerjaan Stacy tidak semudah itu. Anak-anak membuat kekacauan di rumah sehingga dia harus membersihkan tumpahan di lantai, memungut sampah, dan mencuci baju. Kesigapan dan kecepatan anak-anak akan ditantang pada game ini, semakin cepat mereka melihat kekacauan dan membereskannya, maka semakin tinggi pula skor yang diperoleh. Jenis permainan ini termasuk ke dalam game manajemen waktu sehingga diharapkan anak akan menjadi disiplin, sigap, dan mengambil langkah tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekitarnya.

  • Cake Mania 3

Game edukasi selanjutnya adalah cake mania 3. Game ini bercerita tentang Jill Evans, seorang pastry yang harus membuka toko kue di berbagai medan yang berbeda. Kecepatan anak akan dilatih dengan cara membuat pesanan, memanggang kue, hingga memberi dekorasi topping sesuai pesanan pelanggan. Semua hal tersebut tidak boleh salah dilakukan dan terdapat batas waktu. Jika melebihi batas waktu, pelanggan bisa marah dan akan mengurangi skor.

  • Tetris

Siapa yang tidak tahu game ini? Tetris adalah game legendaris yang sudah ada sejak dulu. Bahkan, turnamen tentang game ini sempat digelar dan masyarakat cukup antusias menyambutnya. Peraturan game ini sangat sederhana, berbagai kombinasi segi empat turun, tugas pemain adalah untuk membuatnya rata pada kolom yang tersedia. Semakin banyak kombinasi segi empat yang bisa diratakan secara bersamaan, maka semakin banyak pula skornya karena mendapat nilai combo. Faktanya, tetris tidak hanya digemari anak-anak saja, orang dewasa juga banyak yang masih memainkan game ini. Tetris dielu-elukan mampu melatih kecerdasan dan ketepatan.

  • Typing Ninja

Sesuai dengan judulnya, game ini akan melatih kecepatan mengetik anak. Jika anda tahu game Fruit Ninja, cara permainannya hampir sama. Hanya saja di Typing Ninja, anda diharuskan untuk mengetik huruf untuk mengiris buah. Terdapat tiga level kesulitan dan anda hanya akan diberi tiga nyawa. Mengapa game jenis ini perlu? Era digital telah tiba. Anak-anak sebaiknya dibiasakan menggunakan alat elektronik dengan benar. Kemampuan mengetik dengan cepat juga sangat dibutuhkan. Selain anak-anak, ternyata ada juga orang dewasa yang memainkan game ini untuk melatih kecepatan mengetiknya.

  • Maze Book

Game maze book meminta anak untuk mencari jalan hingga mencapai tujuan. Pada game ini, ada beberapa tugas yang harus dilakukan. Salah satunya adalah mencari barang. Terdapat labirin yang diujungnya diletakkan barang yang dicari. Tugas anak adalah menemukan jalan dari pangkal menuju ujung labirin. Peraturan game ini sangat sederhana dan mudah dimengerti. Game ini melatih ketelitian dan kecepatan anak. Jika tidak teliti, maka tokoh akan terjebak di labirin dan harus kembali ke pangkal untuk menemukan jalan yang benar. Kecepatan anak juga dilatih dengan adanya batas waktu. Jika melampaui batas waktu maka pemain dinyatakan kalah.

Alasan Mengapa Game untuk Edukasi Perlu Dikenalkan Sejak Dini

Game Edukasi

Tidak bisa dipungkiri jika beberapa game memang membawa dampak negatif pada anak. Dampak negatif tersebut bisa berupa kecanduan, rasa malas, bahkan merubah anak menjadi lebih emosional. Oleh karena itu, beberapa orang tua sama sekali tidak mengenalkan game pada sang anak. Padahal, di luar sana ketika sedang bermain bisa saja anak bermain game dengan temannya. Kebiasaan di rumah yang dikekang kemungkinan membuat anak menjadi lebih suka bermain dengan temannya. Untuk menghindari hal seperti itu, anda bisa mengenalkan jenis game edukasi pada anak. Game jenis ini sangat penting agar anak tidak terjerumus memainkan game yang kurang tepat. Selain itu, game jenis ini juga membantu anak belajar. Anda bisa mencari topik tentang game ini di pengeluaran hk, di sana juga terdapat rekomendasi dan alasan-alasan lain mengapa game yang tepat penting dikenalkan pada anak.